Minggu, 06 Maret 2011

Inilah Negara yang Maniak Bersepeda ke Kantor

Semanggi  - Siapa bilang bersepeda ke kantor tidak gaya? Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Kanada bahkan memiliki ‘Hari Bersepeda ke Kantor.’ Seperti apa?

Bike-to-Work Day atau Hari Bersepeda ke Kantor merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setiap hari Jumat di minggu ketiga pada bulan Mei. Kegiatan itu berlangsung di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Mereka berambisi mempromosikan sepeda sebagai pilihan transportasi untuk ke tempat kerja.

Untuk memperbesar lingkup acara, berbagai komunitas advokasi lokal, regional bahkan nasional melakukan sosialisasi sepeda komuter sebagai alternatif sehat dan aman. Mereka juga memberikan informasi rute dan tips bagi pengguna sepeda yang masih awam. Kelompok peduli sepeda ini juga memiliki area istirahat yang menyediakan makanan ringan.

Hari Bersepeda ke Kantor diprakarsai oleh Liga Bersepeda Amerika pada 1956.

Berbeda dengan acara di Victoria, kota di British Columbia, Kanada. Hari Bersepeda ke Kantor tidak memiliki waktu yang pasti meskipun dilakukan setiap tahun oleh Komunitas Greater Victoria Bike to Work. Acara tersebut bermula pada 2008. Hingga 2009, setidaknya 7 ribu pecinta sepeda berpartisipasi di kegiatan ini.

Untuk Indonesia, Komunitas Pekerja Bersepeda muncul pertama kali pada 6 Agustus 2004 oleh penggemar sepeda yang tergabung dalam Komunitas Jalur Pipa Gas (JPG).(inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar